Mengenal Background Propertise

 

Background, atau yang dikenal dengan latar belakang, merupakan salah satu komponen desain yang cukup penting. Background terutama digunakan untuk memberikan dekorasi visual terhadap sebuah elemen, yang akan mengakibatkan peningkatan kemudahan nalar atau pengertian akan sebuah konten. Background memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keseluruhan desain dari sebuah website karena hal ini.

Penambahan latar belakang ke sebuah elemen dapat dilakukan dengan banyak cara, mulai dari penambahan warna (yang telah dilakukan berkali-kali pada bab sebelumnya), penambahan gambar, ataupun penggabungan dari keduanya. CSS memberikan kita kemampuan penuh untuk mengatur bagaimana penampilan dari latar belakang sebuah elemen, sehingga kita dapat dengan mudah meningkatkan keindahan visual dari elemen tersebut.

Untuk lebih jelasnya, kita mari kita lihat langsung properti CSS yang berhubungan dengan hal ini!

 

Warna Latar Belakang

Salah satu cara termudah untuk memberikan latar belakang terhadap sebuah elemen ialah dengan memberikan warna pada latar belakang elemen tersebut. Penambahan warna ini dilakukan dengan menggunakan properti background atau background-color. Kedua properti ini dapat digunakan secara bebas, meskipun properti background dapat digunakan juga untuk memberikan gambar (yang akan dibahas pada bagian selanjutnya). Pemilihan properti yang digunakan sendiri tidak memiliki batasan, selain preferensi dari pengguna.

 

Properties Values NN IE W3C
Background Background-color 4,0 4,0 CSS1
Background-attachment
Background-image
Background-position
Background-repeat
Background-attachment Scroll 6,0 4,0 CSS1
Fixed
Background-color Color-rgb 4,0 4,0 CSS1
Color-hex
Color-name
Transparent
Background-image url 4,0 4,0 CSS1
None
Background-position Top left 6,0 4,0 CSS1
Top center
Top right
Boyyom left
Bottom center
Bottom right
x-pos y-%
x-pos y-pos
Background-repeat Repeat 6,0 4,0 CSS1
Repeat-x
Repeat-y
No-repeat

kursuswebdesign