Menggunakan Font Face

Jika sebelumnya anda dibatasi untuk menggunakan web-safe font, yang artinya anda hanya terbatas untuk menggunakan font-font yang memang aman dan terdapat di berbagai platform seperti Times New Roman, Arial, Tahoma dan sebagainya. Kini anda dapat bebas berekspresi dengan font pilihan anda dengan menggunakan font-face.

Penggunaan font-face memungkinkan anda menggunakan berbagaimacam font dalam situs anda. dan Seri Bermain-main dengan CSS3 kali ini akan membahas kelebihan dan kekurangan dari font-face ini serta tool-tool yang andalan yang harus anda ketahui.

Untuk meload font yang anda pilih, pertama-tama anda harus mendeklarasikan font apa yang akan anda gunakan dan url ke font-pilihan anda,

Property font-family yang telah kita pelajari dalam tutorial sebelumnya, membatasi jenis font yang dapat dipilih kedalam beberapa font umum yang terinstall di dalam komputer, seperti font arialhelvetica atau times new roman. Namun, bagaimana caranya jika kita ingin menggunakan font ‘khusus’ yang unik agar sesuai dengan tema web?

Untuk hal ini, CSS memiliki fitur untuk memasukkan font external ke dalam CSS, yakni dengan perintah @font-face dan property font-family.

Namun sebelum membuat kode CSSnya, kita akan membahas sedikit tentang tipe-tipe format font yang didukung oleh web browser.

Contoh ini mendemonstrasikan bagaimana mengubah face (bentuk) font.

 

 

 

kursuswebdesign