Style Sheet External

 

 

CSS atau Cascading Style Sheet adalah stylesheet yang digunakan untuk men-design/mengatur tampilan website atau tampilan dokumen HTML. Membuat website tidak menggunakan CSS juga tidak apa2-apa tapi akan sulit atau ribet jika teman-teman ingin mengedit/merevisi kembali website teman-teman. Dengan adanya CSS dapat membantu kita untuk mengatur tampilan website/blog kalian. CSS juga memperkenalkan template berupa style untuk dibuat dan mengijinkan penulisan kode yang lebih mudah dari halaman-halaman web yang sudah dibuat. Untuk saat ini CSS sangat banyak digunakan karena berbagai kemudahan dan lengkapnya atribut-atribut yang dimilikinya.

External CSS adalah cara menggunakan CSS dengan membuat file baru berekstensi (.css) dan untuk menggabungkan file HTML kita dengan file (.css) yang baru dibuat itu dengan menggunakan tag <link rel=”” type=”” href=”” />. Dan pada file CSS yang sudah di link dengan file HTML sudah tidak perlu memakai tag <style> dan </style> lagi ya teman-teman.
Kelebihan memakai external CSS juga dapat membuat website lebih efisien karena semua style dibuat didalam 1 file (.css) jadi tidak menambah ukuran file HTML nya karena kode CSS diletakkan pada file yang berbeda, dan dapat menghemat bandwidth.
Kekurangan dari external CSS jika sudah terlalu banyak style yang dibuat akan membuat saat merender nya akan membutuhkan loading yang sedikit lama.

Berikut ini contoh menggunakan style sheet yang didefinisikan secara external, dimana ex1.css digunakan oleh coba_cssex1.html. Ingat dalam pendefinisian external tidak diperlukan tag html. Dan extension filenya harus disimpan dalam “*.css”.

 

 

 

Berikut ini contoh menggunakan style sheet yang didefinisikan secara external, dimana ex2.css digunakan oleh coba_cssex2.html.

 

kursuswebdesign